Sejarah Situ Buleud Purwakarta

Cidahu Cyber - Berbicara tentang Situ Buleud memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, apalagi untuk Warga Purwakarta. Situ Buleud diambil dari bahasa Sunda yaitu Buleud yang berarti Bulat. Situ Buleud merupakan Situ yang terletak di Kabupaten Purwakarta, Situ ini dulunya adalah tempat pemandian Badak karena orang-orang menyebutnya dan disertai dengan simbol Badak (Patung Badak) disebelah Timur pintu Taman Kabupaten Purwakarta.

sejarah singkat situ buleud purwakarta, sejarah situ buleud, cerita mistik situ buleud, cerita rakyat tentang situ buleud


Pembangunan Situ Buleud mulai dirintis pada 1830 oleh pendiri Purwakarta, yaitu R.A. Suriawinata. Antara tahun 1819-1826, pemerintahan Belanda melepaskan diri dari pemerintahan Inggris yang ditandai dengan upaya pengembalian kewenangan dari para bupati kepada Gubernur Jendral Van der Capellen.

Dengan demikian, Kabupaten Karawang dihidupkan kembali sekitar tahun 1820, meliputi wilayah yang terletak di sebelah timur Kali Citarum/ Cibeet dan sebelah barat Kali Cipunagara. Dalam hal ini, kecuali Onder Distrik Gandasoli, sekarang Kecamatan Plered, pada waktu itu termasuk Kabupaten Bandung Pada masa pemerintahan Bupati R.A. Suriawinata atau Dalem Sholawat, pada 1830 ibu kota dipindahkan dari Wanayasa ke Sindangkasih, yang kemudian diberi nama Purwakarta. Purwa berarti permulaan dan Karta berarti ramai atau hidup.

Diresmikan berdasarkan besluit (surat keputusan) pemerintah kolonial tanggal 20 Juli 1831 nomor 2. Pembangunan dimulai antara lain dengan pengurugan rawa-rawa untuk pembuatan Situ Buleud, pembangunan Gedung Karesidenan, Pendopo, Masjid Agung, Tangsi Tentara di Ceplak, termasuk membuat Solokan Gede, Sawah Lega, dan Situ Kamojing. Pembangunan terus berlanjut sampai pemerintahan bupati berikutnya.

Saat ini Situ Buleud sangat berkembang dari segi bangunan, pemandangan, dan lain-lain. Situ ini pada hari libur dipadati oleh pengunjung masyarakat sekitar terutama pagi-pagi, tempat ini bisa dijadikan untuk olahraga lari pagi atau pun jalan santai. Suasana yang bagus penghijauan yang baik bisa menyegarkan suasana pengunjung di Situ Buleud.
thumbnail
Anda telah membaca artikel tentang Sejarah Situ Buleud Purwakarta
Jika ada saran untuk kemajuan blog ini harap beri komentar yang sopan.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Purwakarta, Sejarah :

15 komentar:

  1. bagus juga ya sob, tapi sayang cuma 1 foto doank, ga ada foto disekitarnya gitu hehe
    thanks infony ttg sejarah situ buleud purwakarta!

    ReplyDelete
  2. Ternyata pembangunannya udah berusia ratusan tahun ya kang :)
    Trims ya jd tau sejarah tp ini deh ;)

    ReplyDelete
  3. hmm.. pembangunannya jauh sebelum merdeka ya mas.. bener nih kata mas @redzon. fotoya cuma 1, jadi nggak bisa lihat sekitar nya mas..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas kunjungannya. Insya Allah ntar saya tambah :)

      Delete
  4. baru tahu saya sejarahnya situ buleud ini...
    nice artikel sob

    ReplyDelete
  5. kunjungan pertama.., salam kenal.., folbek ya.., thx *smile

    ReplyDelete
  6. semoga situ tersebut bisa terjaga dengan baik,,,, terutama kebersihannya

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudah berbagi info mas, saya sendiri malah belum pernah maen ke purwakarta. Kalau ada waktu akan saya sempatkan maen kesana. :)

    ReplyDelete
  8. oh gitu sejarahnya hehe ane sempet bukmark gan :D

    ReplyDelete
  9. Jadi lebih tau gan sejarahnya terimakasih :)

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014. About - Sitemap - Contact - Privacy - Amawana Cyber
Themes SEO Elite - Powered by Blogger.com